Kamis, 21 November 2013

BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)

Bauran pemasaran terdiri dari empat komponen utama : produk, tempat, harga, dan promosi. Variabel-variabel bauran pemasaran sering kali dipandang sebagai variabel terkendali karena seorang manajer pemasaran dapat memutuskan tipe setiap komponen dan jumlah yang akan digunkan untuk meraih kepuasaan konsumen. Jadi promosi harus diseimbangkan dengan rancangan produk, metode distribusi, dan harga untuk menciptakan bauran pemasaran menyeluruh yang akan dipertimbangkan para konsumen ketika mereka memilih sebuah produk.
  • ·         Produk

Produk adalah sebundel harga yang memenuhi harapan konsumen. Sebagai contoh, sebuah komputer laptop Accer lebih dari sekedar komputer. Ia juga menyertakan panduan instruksi, akses ke jalur pelayanan pelanggan,sertifikat jaminan dan komponen-komponen lainnya.
Mengiklankan ciri-ciri dan keuntungan-keuntungan ini akan membantu para konsumen memilih produk atu jasa yang cocok dengan membantupara konsumen memilih produk atau jasa yang cocok dengan kebutuhan mereka. Penentuan merk dan pengemasan adalah dua karakter penting sebuah produk. Unuk menerjemahkan karakterisitik produk ke dalam sesuatu yang konkret, yang dapat digunakan untuk membedakan satu produk dengan produk yang lainnya, banyak bisnis  mengiklankan satu merek, nama atau kata atau frasa dan simbol tersendiri atau kombinasi dari ketiga elemen.

·         Tempat
Tempat juga disebut saluran distribusi. Sebuah saluran distribusi merujuk pada sekelmpok individudan organisasi yang mengarahkan aliran produk dari para produsen ke para konsumen. Kegiatan-kegiatan distribusi menyertakan pengelolaan pengangkutan dan penyimpanan produk, pemrosesan pesanan dan pencatatan stok. Keputusan saluran distribusi sangat kritis karena mereka menentukan keberadaan pasar sebuah produk dan keterjangkauan bagi para pembeli.

  • ·         Harga

Harga adalah niai-nilai yang dipertukarkan dengan produk-produk dalam sebuah transaksi pemasaran. Sebuah harga produk harus mencakup seluruh biaya yang terlibat dalam produksi, distribusi dan promosinya, demikian pula perkiraan laba. Sebagai tambahan harga juga dapat mendukung citra sebuah produk, merebut penjualan dari para pesaing, atau mempengaruhi orang untuk mengubah waktu pemsanan mereka.

  • ·         Promosi


Promosi-komunikasi pemasaran mencakup berbagai teknik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan para onsumen dan calon potensial konsumen. Seiring dengan penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, periklanan adalah satu dari empat elemen bauran promosi. Promosi penjualan sekarang ini semakin penting bagi banyak orgaisasi. Para pemasar sering kali menggunkan contoh dan kupon gratis untuk meraih konsumen ketika mereka memperkenalkan produk baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar