Bauran pemasaran
terdiri dari empat komponen utama : produk, tempat, harga, dan promosi.
Variabel-variabel bauran pemasaran sering kali dipandang sebagai variabel
terkendali karena seorang manajer pemasaran dapat memutuskan tipe setiap
komponen dan jumlah yang akan digunkan untuk meraih kepuasaan konsumen. Jadi
promosi harus diseimbangkan dengan rancangan produk, metode distribusi, dan
harga untuk menciptakan bauran pemasaran menyeluruh yang akan dipertimbangkan
para konsumen ketika mereka memilih sebuah produk.
- · Produk
Produk
adalah sebundel harga yang memenuhi harapan konsumen. Sebagai contoh, sebuah
komputer laptop Accer lebih dari sekedar komputer. Ia juga menyertakan panduan
instruksi, akses ke jalur pelayanan pelanggan,sertifikat jaminan dan
komponen-komponen lainnya.
Mengiklankan
ciri-ciri dan keuntungan-keuntungan ini akan membantu para konsumen memilih
produk atu jasa yang cocok dengan membantupara konsumen memilih produk atau
jasa yang cocok dengan kebutuhan mereka. Penentuan merk dan pengemasan adalah
dua karakter penting sebuah produk. Unuk menerjemahkan karakterisitik produk ke
dalam sesuatu yang konkret, yang dapat digunakan untuk membedakan satu produk
dengan produk yang lainnya, banyak bisnis
mengiklankan satu merek, nama atau kata atau frasa dan simbol tersendiri
atau kombinasi dari ketiga elemen.
·
Tempat
Tempat
juga disebut saluran distribusi. Sebuah saluran distribusi merujuk pada
sekelmpok individudan organisasi yang mengarahkan aliran produk dari para
produsen ke para konsumen. Kegiatan-kegiatan distribusi menyertakan pengelolaan
pengangkutan dan penyimpanan produk, pemrosesan pesanan dan pencatatan stok.
Keputusan saluran distribusi sangat kritis karena mereka menentukan keberadaan
pasar sebuah produk dan keterjangkauan bagi para pembeli.
- · Harga
Harga
adalah niai-nilai yang dipertukarkan dengan produk-produk dalam sebuah
transaksi pemasaran. Sebuah harga produk harus mencakup seluruh biaya yang
terlibat dalam produksi, distribusi dan promosinya, demikian pula perkiraan
laba. Sebagai tambahan harga juga dapat mendukung citra sebuah produk, merebut
penjualan dari para pesaing, atau mempengaruhi orang untuk mengubah waktu
pemsanan mereka.
- · Promosi
Promosi-komunikasi
pemasaran mencakup berbagai teknik yang digunakan untuk berkomunikasi dengan
para onsumen dan calon potensial konsumen. Seiring dengan penjualan pribadi,
promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, periklanan adalah satu dari empat
elemen bauran promosi. Promosi penjualan sekarang ini semakin penting bagi
banyak orgaisasi. Para pemasar sering kali menggunkan contoh dan kupon gratis
untuk meraih konsumen ketika mereka memperkenalkan produk baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar