Daya
tarik periklanan merujuk pada basis atau pendekatan yang digunakan dalam iklan
untuk menarik perhatian atau minat para konsumen dan atau untuk memengaruhi
perasaan-perasaan mereka terhadap produk, jasa atau gagasan. Daya tarik periklanan
dapat dibagi menjadi dua kategori : daya tarik informasional/rasional (teknik
penjualan agresif) dan daya tarik emosional (penjualan persuasif)
Daya Tarik
Informasional/rasional (Penjualan Agresif)
Daya
tarik ini berfokus pada kebutuhan praktis dan fungsional konsumen akan produk
atau jasa dan menekankan ciri-ciri sebuah produk atau jasa dan atau manfaat
atau alasan menggunakan atau meiliki merek tertentu. Banyak motif rasional
dapat digunakan seagai basis daya tarik periklanan, termasuk kenyamanan,
kemudahan dan ekonomi.
Daya Tarik Emosional
(Pejualan Persuasif)
Daya
tarik ini menggunakan pesan emosional dan dirancang di sekiar citra yang
diharapkan dpaat menyentuh hati dan menciptakan tanggapan berdasarkan
perasaan-perasaan dan sikap-sikap. Para pengiklan dapat menggunakan daya tarik
emosional dalam berbagai cara strategi kreatif mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar