Kamis, 21 November 2013

PROSES PRODUKSI PADA MEDIA

Produksi Periklanan Cetak
Setiap iklan cetak (baik koran maupun majalah) menyajikan hasil dari proses yang sangat kompleks : reproduksi visual, spesifikasi penempatan jenis hurus secara tepat, serta pemeriksaan, penyetujuan, penggandaan dan pengiriman material-material cetak ke koran dan majalah tepat waktu untuk memenuhi tenggat waktu mereka. Proses produksi ini memerlukan perencanaan yang baik dan mereka yang terlibat harus memahami tata letak dan desain, tipografi, serta dekstop publishing.


Produksi Periklanan Siaran
Produksi media siaran (baik iklan televisi maupun radio) sungguh adalah sebuah dunia yang berbeda dari produksi media cetak. Tentu saja produksi cetak dan siaran sama-sama memerlukan bakat ketrampilan. Meski demikian, proses produksinya sangatlah berbeda. Tim produksi televisi atau radio memerlukan pelatihan khusus dan keterampilan-keterampilan teknis. Tim periklanan, dari account executive hingga copywriter, harus memahami proses produksi siaran serta bagaimana televisi dan radio mengkomunikasikan pesan-pesan periklanan. Mereka juga harus menguasai terminologi penyiaran.


Produksi Periklanan Televisi
Tujuan produksi televisi adlaah menerjemahkan narasi naskah tertulis enjadi sebuah media audiovisual. Konsep-konsep spot televisi iklan harus menerapkan kosakata pengisahan cerita visual yang sejak awal dominan dalma media ini. Adalah penting untuk berpikir dalam lingkup bagaimana gagasan besar dapat dikomunikasikan melalui penekanan pada citra visual, dengan kata-kata yang terucapkan sesedikit mungkin.
Para pengiklanan juga menggunakan komputer grafis untuk membuat animasi iklan televisi dari banyak produk. Naskah-naskah iklan televisi harus ditulis sedemikian rupa sehingga tim produksi mengenali formatnya dan memahami visi tim kreatif tenang bagaimana konsep atau kisahnya akan diangkat. Untuk melakukan ini, copywriter harus akab dengan format dan terminologi siaran. Banyak digunakan singkatan istilah untuk menjadikan naskah seringkas mungkin.


Produksi Periklanan Radio
Iklan-iklan radio diproduksi dalam satu dari dua cara. Ini bisa direkam dan digandakan untuk keperluan distribusi atau disiarkan secara langsung. Bentuk yang lebih umum adalah iklan radio yang sirekam. Iklan-iklan radio nasional diproduksi oleh agen periklanan, dan duplikat kasetnya didistribusikan ke stasiun-stasiun lokal di seluruh negeri
Dalam periklanan radio secara langsung, satu naska ketikan dibaca oleh siapapun yang bertugas melakukan siaran radio rutin. Penyertaan efek suara, musik atau bagian-bagian percakapan tambahna akan membutuhkan produksi studio. Naskah langsung akan menguntungkan bagi pengecer lokal yang ingin mengudarakan sebuah pesan dalam hitungan jam.


Produksi Periklanan Internet

Periklanan internet berbeda dari periklanan siaran dan cetak dalam kemampuannya untuk menjangkau satu khalayak yang didefinisikan secara sempit, memungkinkan interaksi langsung di antara konsumen dan pengiklanan, dan mengubungkan konsumen ke informasi produk atau perusahaan lain.. periklanan internet menyerupai periklanan siaran dan cetak dalam hal tujuannya untuk memasarkan barang jasa, dan citra melalui pesan-pesan persuasif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar