Produksi Periklanan Cetak
Setiap
iklan cetak (baik koran maupun majalah) menyajikan hasil dari proses yang
sangat kompleks : reproduksi visual, spesifikasi penempatan jenis hurus secara
tepat, serta pemeriksaan, penyetujuan, penggandaan dan pengiriman
material-material cetak ke koran dan majalah tepat waktu untuk memenuhi tenggat
waktu mereka. Proses produksi ini memerlukan perencanaan yang baik dan mereka yang
terlibat harus memahami tata letak dan desain, tipografi, serta dekstop
publishing.
Produksi Periklanan Siaran
Produksi
media siaran (baik iklan televisi maupun radio) sungguh adalah sebuah dunia
yang berbeda dari produksi media cetak. Tentu saja produksi cetak dan siaran
sama-sama memerlukan bakat ketrampilan. Meski demikian, proses produksinya
sangatlah berbeda. Tim produksi televisi atau radio memerlukan pelatihan khusus
dan keterampilan-keterampilan teknis. Tim periklanan, dari account executive hingga
copywriter, harus memahami proses produksi siaran serta bagaimana televisi dan
radio mengkomunikasikan pesan-pesan periklanan. Mereka juga harus menguasai
terminologi penyiaran.
Produksi
Periklanan Televisi
Tujuan
produksi televisi adlaah menerjemahkan narasi naskah tertulis enjadi sebuah
media audiovisual. Konsep-konsep spot televisi iklan harus menerapkan kosakata
pengisahan cerita visual yang sejak awal dominan dalma media ini. Adalah
penting untuk berpikir dalam lingkup bagaimana gagasan besar dapat
dikomunikasikan melalui penekanan pada citra visual, dengan kata-kata yang
terucapkan sesedikit mungkin.
Para
pengiklanan juga menggunakan komputer grafis untuk membuat animasi iklan
televisi dari banyak produk. Naskah-naskah iklan televisi harus ditulis sedemikian
rupa sehingga tim produksi mengenali formatnya dan memahami visi tim kreatif
tenang bagaimana konsep atau kisahnya akan diangkat. Untuk melakukan ini,
copywriter harus akab dengan format dan terminologi siaran. Banyak digunakan
singkatan istilah untuk menjadikan naskah seringkas mungkin.
Produksi Periklanan Radio
Iklan-iklan
radio diproduksi dalam satu dari dua cara. Ini bisa direkam dan digandakan
untuk keperluan distribusi atau disiarkan secara langsung. Bentuk yang lebih
umum adalah iklan radio yang sirekam. Iklan-iklan radio nasional diproduksi
oleh agen periklanan, dan duplikat kasetnya didistribusikan ke stasiun-stasiun
lokal di seluruh negeri
Dalam
periklanan radio secara langsung, satu naska ketikan dibaca oleh siapapun yang
bertugas melakukan siaran radio rutin. Penyertaan efek suara, musik atau
bagian-bagian percakapan tambahna akan membutuhkan produksi studio. Naskah
langsung akan menguntungkan bagi pengecer lokal yang ingin mengudarakan sebuah
pesan dalam hitungan jam.
Produksi Periklanan Internet
Periklanan
internet berbeda dari periklanan siaran dan cetak dalam kemampuannya untuk
menjangkau satu khalayak yang didefinisikan secara sempit, memungkinkan
interaksi langsung di antara konsumen dan pengiklanan, dan mengubungkan
konsumen ke informasi produk atau perusahaan lain.. periklanan internet
menyerupai periklanan siaran dan cetak dalam hal tujuannya untuk memasarkan
barang jasa, dan citra melalui pesan-pesan persuasif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar