a. KORAN ( SURAT KABAR )
Kelebihannya :
- Biasanya relatif tidak mahal.
- Fleksibel
(lebih luwes dalam menentukan jadwal publikasi iklan dan surat kabar yang mempublikasikan (apakah lokal, regional ataukah nasional) berkaitan dengan khalayak yang dijadikan sasaran iklan). - Dapat dinikmati lebih lama.
- Market coverage ; surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai cakupan wilayahnya.
- Comparison shooping ; surat kabar sering digunakan sebagai bahan acuan atau referensi konsumen dalam membeli barang atau jasa.
- Positive consumer attitude ; aktualitas informasi yang sampaikan digunakan juga sebagai acuan pembaca.
Kekurangannya :
- Mudah diabaikan.
- Cepat basi.
- Short life span ; meski jangkauannya luas dan massal serta dapat didokumentasikan, pembaca surat kabar hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit hingga 30 menit untuk membacanya serta umumnya hanya sekali saja membacanya. Selain itu usia informasinya hanya 24 jam setelah itu sudah dianggap basi.
- Clutter ; Jika isi dan tata letaknya kacau akan mempengaruhi pemaknaan dan pemahaman isi pesan iklan oleh pembacanya.
Limited coverage of certains group ; beberapa kelompok tertentu tidak bisa dijangkau oleh surat kabar, misal kelompok masyarakat menengah ke bawah atau masyarakat usia di bawah 15 tahun. - Products that don’t fit ; beberapa produk tidak dapat diiklankan dengan menggunakan surat kabar karena memerlukan demonstrasi atau memerlukan pertimbangan tertentu. Contoh iklan BH atau iklan peralatan olah raga.
Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
b. MAJALAH
Kelebihan :
- Dapat dinikmati lebih lama (long life span)
- Pembacaannya lebih selektif.
- Dapat mengemukakan gambar yang menarik (Kualitas Visual).
- Khalayak sasaran; salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi.
- Penerimaan khalayak; kemampuan mengangkat produk-produk yang diiklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestige majalah yang bersangkutan.
- Biaya lebih relatif tinggi (mahal).
- Fleksibilitasnya rendah (terbatas).
- Distribusi
- Banyak majalah yang peredarannya lambat sehingga hanya menumpuk di rak-rak toko. Ada juga majalah yang tidak memiliki jaringan distribusi yang tepat. Di beberapa daerah tertentu yang daya belinya tinggi namun sulit dijangkau, majalah sering tidak ada.
- Dan Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap
MEDIA CETAK
Kelebihannya :
- dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya.
- dapat membuat orang yang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
- bisa disimpan isi informasinya.
- harganya lebih terjangkau maupun dalam distribusi nya.
- lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks.
Kekurangannya :
- dari segi waktu media cetak lambat dalam memberikan informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
- media cetak hanya dapat berupa tulisan.
- media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
- biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat.
TELEVISI
Kelebihan :
- Jangakauan sangat luas
- Penayangan seketika
- Gabungan gambar, suara dan warna
- Efek demonstrasi
- Penentuan waktu penayangan mudah
- Kontrol Mudah
- Dapat dinikmati oleh siapa saja.
- Dapat menjangkau daerah yang luas.
- Waktu siarannya sudah tertentu.
- Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
- Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan.
- Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
- Jangakauan sangat luas
- Penayangan seketika
- Gabungan gambar, suara dan warna
- Efek demonstrasi
- Penentuan waktu penayangan mudah
- Kontrol Mudah
Kekurangan Media Televisi :
- Cepat lewat, frekuensi tinggi
- Relatif mahal
- Tidak ada segmentasi pirsawan
- Keterangan dan pesan harus pendek
- Produksi materi lama dan mahal
- Biaya relatif tinggi.
- Hanya dapat dinikmati sebentar (pesan berlalu sangat cepat).
- Khalayak yang selektif (tidak setajam media lainnya kemungkinan menjangkau segmen tidak tepat karena pemborosan geografis).
- Kesulitan teknis.
- Tidak semua tempatdapat dicapai gelombang penyiaran televise.
- Tidak semua orang memiliki pesawat televisi melihat harganya yang relatif mahal.
- Cepat lewat, frekuensi tinggi
- Relatif mahal
- Tidak ada segmentasi pirsawan
- Keterangan dan pesan harus pendek
- Produksi materi lama dan mahal
RADIO
Kelebihan :
- Biayanya relatif rendah (dalam artian hardware-nya serta dalam produksi siarannya)
- Dapat diterima oleh siapa saja.
- Dapat menjangkau daerah yang cukup luas.
- Bersifat Auditif
- Lebih leluasa dalam penyampaian pesan-pesannya tanpa banyak varian-varian nya.
- Menimbulkan audio imaginatif. Efek yang ditimbulkan lebih dahsyat dari pada efek visual.
- Daya tembus yang besar tidak mengenal rintangan. Radio yang menggunakan gelombang SW, MW, mempunyai kemampuan penetrasi area yang luas sehingga pesan yang disampaikan dapat mengatasi jarak, ruang dan waktu.
- Merupakan sarana yang cepat dalam menyebarluaskan informasi .
- Radio dapat diterima dan didengar di areal tanpa listrik atau tidak selalu membutuhkan daya listrik.
- Praktis (portable dapat di bawa kemana-mana) dan audience selectivity.
- Mengatasi buta huruf artinya para pendengar radio tidak dituntut untuk bisa membaca.
Kekurangan :
- Waktunya terbatas.
- Tidak mengemukakan gambar.
- Pendengar sering kurang mendengarkan secara penuh karena diselingi melakukan pekerjaan lain.
- Noise Faktor (khusus gelombang MW dan SW)
- Sulit untuk menyampaikan pesan-pesan yang kompleks
- Alternatif audiance dalam pemilihan stasiun lebih banyak ( persaingan yang ketat )
- Sekilas dengar atau bersifat auditif saja sedangkan televii lebih lengkap.
- Tidak dapat di gunakan untuk menyampaikan acara yang abstrak dan komples (rumit)
- Radio adalah termasuk media yang time organized, sehingga untuk penataan program acaranya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
- Untuk penyampaian pesan yang bersifat informatif maka maximum durasinya adalah 15 menit.
- Untuk acara yang bersifat entertainment bisa sampai 30 s.d 45 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar