Kamis, 21 November 2013

SEGMENTASI PASAR

Orang-orang pemasaran dan periklanan terus- menerus memantau pasar untuk melihat kebutuhan dan keinginan berbagai kelompok konsumen dan bagaimana mereka dapat dipuaskan secra lebih bai. Salah satu teknik yang mereka gunakan adalah segmentasi pasar. Tujuan penggunaan segmentasi pasar adalah untuk memungkinkan satu pemasar merancang bauran pemasaran ayng leih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di segmen pasar tertentu. Satu segmen  pasar terdiri dari individu, kelompok atau organisasi dengan satu atau lebih karakteristik serupa yang menyebabkan mereka memiliki kebutuhan produk yang relatif serupa.

Segmen pasar ini dapat berupa kelompok etnik, wilayah geografis atau negara tertentu.
Pemasar yang menggunakan segmentasi untuk meraih pasar dapat memilih satu atau beberapa metode. Metode-metode segmentasi pasar dapat dikelompokan menjadi epat kategori : demografi, geografi, behavioristis dan psikografis. Untuk pasar industri, metode-metode segmenasi dapat dikelompokan menjadi tiga kategori : geografis, tipe organisasi, dan penggunaan produk.


SEGMENTASI DEMOGRAFIS
Segmentasi demografis melibatkan pembagian paar berdasarkan variabel-variabel demografis seperti usia, seks, ukuran keluarga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaan, agama, ras dan kebangsaan. Bersandarnya para pemasar terhadap karakteristik demografis ini karena merek asering kali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli para konsumen serta dapat langsung diukur.


SEGMENTASI GEOGRAFIS
Variabel-variabel geografis, seperti agama, ukuran populasi, kepadatan, dan iklim, juga mempengaruhi kebutuhan produk konsumen. Orang-orang d satu wilayah negara atau dnia memiliki kebuthan dna perilaku beli yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain. Sebagai contoh, pasar utama produk cairan penggelap kulit tersedia sepanjang tahun di Florida, namun hanya sewaktu-waktu terentu di wilayah negara bagian utara.


SEGMENTASI BEHAVIORISTIS
Perusahaan-perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi keompok-kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume produk, dan loyalitas merek. Sebaga contoh, waktu merupakan komoditas penting bagi kaum ibu yang bekerja. Jadi kelompok ini mencari manfaat produk seperti kemudahan penggunaan peralatan listrik rumah tangga dan penyiapan santapan secara cepat menggunakan microwave.


SEGMENTASI PSIKOGRAFIS
Pembagian pasar berdasarkan gaya hidup dan atau keprbadian dirujuk sebagai segmentasi psikografis. Penentuan gaya hidup biasanya didasarkan pada analisis kegiatan, minat dan opini para konsumen. Salah satu gaya hidup terpopuler dilkaukan oleh Value And Lifestyle Program (VALS) dan Stanford Research Institute. Program VALS mengarah ke arah tiga kelompok : konsumen mengarah keluar, konsumen mengarah kedalam, dan konsumen yang terdorong kebutuhan.


TARGET MARKETING
Setelah para pemasar mengelompokkan konsumen atau pengguna potensial sebuah produk berdasarkan karakteristik serupa, mereka dapat melanjutkan ke tahap berikutnya : pemasaran sasaran. Cara pencapaian hal ini mennetukan kandungan, rancangan dan implementasi periklanan perusahaan.

Memilih pasar sasaran yang tepat adalah  kunci dalam mengimplementasikan sebuah rencanan pemasaran yang berhasil dan merupakan suatu hal penting bagi kemampuan bertahan sebuah perusahaan. Kegagalan untuk menentukan sasaran yang tepat dapat mengakibatkan rendahnya penjualan, tingginya biaya, dan kerugian keuangan yang parah. Sebuah analisis pasar sasaran secara teliti akan menempatkan organisasi pada suatu posisi yang lebih baik dalam melayani kebutuhan para konsumen dan mecapai tujuan-tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar