Orang-orang
pemasaran dan periklanan terus- menerus memantau pasar untuk melihat kebutuhan
dan keinginan berbagai kelompok konsumen dan bagaimana mereka dapat dipuaskan
secra lebih bai. Salah satu teknik yang mereka gunakan adalah segmentasi pasar.
Tujuan penggunaan segmentasi pasar adalah untuk memungkinkan satu pemasar
merancang bauran pemasaran ayng leih tepat dalam menjawab kebutuhan para
konsumen di segmen pasar tertentu. Satu segmen
pasar terdiri dari individu, kelompok atau organisasi dengan satu atau
lebih karakteristik serupa yang menyebabkan mereka memiliki kebutuhan produk
yang relatif serupa.
Segmen
pasar ini dapat berupa kelompok etnik, wilayah geografis atau negara tertentu.
Pemasar
yang menggunakan segmentasi untuk meraih pasar dapat memilih satu atau beberapa
metode. Metode-metode segmentasi pasar dapat dikelompokan menjadi epat kategori
: demografi, geografi, behavioristis dan psikografis. Untuk pasar industri,
metode-metode segmenasi dapat dikelompokan menjadi tiga kategori : geografis,
tipe organisasi, dan penggunaan produk.
SEGMENTASI DEMOGRAFIS
Segmentasi
demografis melibatkan pembagian paar berdasarkan variabel-variabel demografis
seperti usia, seks, ukuran keluarga, tahap siklus hidup keluarga, pendapatan,
pekerjaan, agama, ras dan kebangsaan. Bersandarnya para pemasar terhadap
karakteristik demografis ini karena merek asering kali terkait erat dengan
kebutuhan dan perilaku beli para konsumen serta dapat langsung diukur.
SEGMENTASI GEOGRAFIS
Variabel-variabel
geografis, seperti agama, ukuran populasi, kepadatan, dan iklim, juga
mempengaruhi kebutuhan produk konsumen. Orang-orang d satu wilayah negara atau
dnia memiliki kebuthan dna perilaku beli yang berbeda dengan mereka yang berada
di wilayah lain. Sebagai contoh, pasar utama produk cairan penggelap kulit
tersedia sepanjang tahun di Florida, namun hanya sewaktu-waktu terentu di
wilayah negara bagian utara.
SEGMENTASI BEHAVIORISTIS
Perusahaan-perusahaan
dapat membagi sebuah pasar menjadi keompok-kelompok menurut manfaat yang mereka
cari, penggunaan volume produk, dan loyalitas merek. Sebaga contoh, waktu
merupakan komoditas penting bagi kaum ibu yang bekerja. Jadi kelompok ini
mencari manfaat produk seperti kemudahan penggunaan peralatan listrik rumah
tangga dan penyiapan santapan secara cepat menggunakan microwave.
SEGMENTASI PSIKOGRAFIS
Pembagian
pasar berdasarkan gaya hidup dan atau keprbadian dirujuk sebagai segmentasi
psikografis. Penentuan gaya hidup biasanya didasarkan pada analisis kegiatan,
minat dan opini para konsumen. Salah satu gaya hidup terpopuler dilkaukan oleh
Value And Lifestyle Program (VALS) dan Stanford Research Institute. Program
VALS mengarah ke arah tiga kelompok : konsumen mengarah keluar, konsumen
mengarah kedalam, dan konsumen yang terdorong kebutuhan.
TARGET MARKETING
Setelah
para pemasar mengelompokkan konsumen atau pengguna potensial sebuah produk
berdasarkan karakteristik serupa, mereka dapat melanjutkan ke tahap berikutnya
: pemasaran sasaran. Cara pencapaian hal ini mennetukan kandungan, rancangan
dan implementasi periklanan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar